Anas lanang | jasa gaet naik gunung seindonesia | 083808263371 | 085322475029

Sabtu, 09 November 2019

TANAMAN HARENDONG BULU



Harendong bulu. Tanaman liar ini mudah tumbuh di semak belukar, pinggiran hutan dan tepi jurang, baik itu pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Herndong bulu memliliki sederet manfaat. Seperti daun herendong yang biasa dimakan sebagi lalaban dan dapat digunakan sebagai penghenti pendarahan pada luka. Caranya dengan ambil beberapa lembar daun, kemudian diremas-remas lalu diusap-usapkan pada luka.
Selain itu, harendong bulu juga memiliki buah dengan ukuran kecil dan berkelompok. Kita dapat membedakan buah yang sudah masak dan belum dari warnanya. Buah muda berwana hijau dan buah yang masak berwarna keunguan. Buah yang sudah masak rasanya manis dan gurih.
Harendong bulu tumbuh pada ketinggian di atas 1.650 meter di atas permukaan air laut. Cirinya dapat dikenali dari fisiknya yang tegak, dengan ketinggian antara 0,5 sampai 4 meter, bersisik, memiliki banyak cabang, dan berambut.
Daunnya sendiri tunggal, memiliki tangkai, dan letaknya berhadapan bersilangan. Sedangkan, helai daunnya berbentuk bundar telur, ujungnya lancip, tepiannya rata, dan permukaannya berambut pendek. Buahnya yang masak tampak merekah dengan warna ungu kemerahan.
Komposisi kandungan kimia yang terdapat di dalam Harendong antara lain  berupa saponin, tanin dan flavonoid. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman Harendong, mulai dari hepatitis, diare, basiler, sariawan, haid yang berlebihan, perdarahan pada bagian rahim, keracunan, berak darah, wasir darah, sariawan, dan lainnya.
Bagian tanaman yang bisa dimakan ialah daun, buah, akar dan bijinya. Wow, ternyata cukup banyak juga ya penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman Harendong ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar